Langsung ke konten utama

Flip Solusi Hemat Transfer Antar Bank




Sebagai pemakai transaksi online paling bikin sedih kalau disuruh transfer uang beda bank. Lumayan juga kan sekali transfer dikenai Rp 6500,-. Kalau hanya sekali atau dua kali tidak masalah. Tapi jika berulang kali bisa bokek dong.

Suatu ketika pernah belanja online. Sebelumnya saya menanyakan barang apa saja yang ready. Lalu saya pesan barang tersebut. Setelah transfer uang, tiba-tiba si penjual memberitahu kalau barang yang dipesan ada yang kosong. Otomatis sebagian uang dikembalikan.

Nah, begitu uang sudah balik ternyata kurang. Sebagai contoh harusnya balik Rp 50.000 yang dikembalikan Rp 35.000. Setelah saya tanyakan ternyata yang Rp 15.000 adalah potongan biaya antar bank. Waduh, kok gini ya. Pembeli agak dirugikan.

Kejadian ini bikin kesel juga kan. Masak pembeli nggak salah tapi dikurangi biaya transfer. Padahal sebelumnya penjual menyatakan barang tersebut ready. Kalau pun tiba-tiba setelah dicek riil tidak ready, setidaknya penjual bertanggungjawab menanggung biaya transfer.

Saat ini pun saya juga penjual online. Terkadang harus dihadapkan untuk mengembalikan sejumlah uang kepada pembeli misalnya karena kelebihan biaya ongkos kirim. Kalau pakai ekspedisi POS yang hitungannya pakai satuan gram ada kalanya biaya ongkos kirim tidak terlalu tepat. Yang kami perkirakan ternyata tidak sebanyak kenyataan. Alhasil uang customer harus dikembalikan.

Dulu keadan begini bikin saya deg-degan. Tersebab jika rekening konsumen beda bank dengan yang saya gunakan, otomatis harus menanggung biaya transfer. Kalau untung jualannya lumayan sih tidak apa-apa, tapi jika sedikit sayang juga kan.

Namun, masalah itu kini sirna dengan kehadiran Flip. Saya sudah tidak perlu lagi bingung jika harus transfer beda bank. Termasuk saat akan melakukan pembayaran training kelas blog ini. Saya juga menggunakan jasa Flip.





Apa itu Flip?

Mungkin sebagian dari kita ada yang belum mengenal Flip. Flip adalah aplikasi transfer uang beda bank tanpa biaya. Berawal dari keresahan sebagian orang saat melakukan transfer uang, alumni Universitas Indonesia ini membuat sebuah terobosan baru menjadi jasa penyedia layanan transfer uang bebas biaya. Tentu keberadaan Flip sangat membantu terutama yang sering melakukan transaksi online.


Apa Flip Bisa Dipercaya?

Dulu saat pertama kali menggunakan Flip ada sedikit keraguan apakah Flip ini bisa amanah, sedangkan saat ini sering ada kasus penipuan online. Sebagian orang pun ada yang menanyakan ke saya, apakah Flip ini dapat dipercaya? Setelah membaca informasi tentang aplikasi ini dan pernah bertemu dengan tim Flip saat verifikasi akun, bahwa Flip telah berbentuk PT memiliki kelengkapan izin usaha. Sejak 4 Oktober 2016 Flip sudah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68. Flip perusahaan transfer dana di bawah pengawasan Bank Indonesia. Mengapa bukan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK? Karena OJK bertugas mengawasi industri keuangan seperti bank, pasar modal, asuransi dan institusi keuangan lainnya.


Apakah Flip itu Aman?

Untuk keamanan Flip telah memberikan jaminan. Seluruh transaksi kirim uang Flip menggunakan sistem bank. Data-data dari customer diberi keamanan berlapis dan data sensitif sudah dienskripsi. Pertukaran informasi antar server juga telah dienskripsi menggunakan SSL yang berlokasi di Indonesia. Data customer yang dibutuhkan hanya untuk pelaporan ke Bank Indonesia.





Cara Kerja Flip

Di sini Flip sebagai perantara atau jembatan pengiriman uang antara customer dengan tujuan penerima uang. Flip telah memiliki rekening di dua belas bank. Di situ Flip sudah menyimpan dana ke masing-masing rekening yang bisa digunakan untuk transfer uang.

Sistem Kerjanya:

Customer melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan bank yang dimiliki. Lalu Flip meneruskan uang customer ke rekening tujuan.

Sebagai contoh customer memiliki rekening bank BRI ingin mentransfer uang ke BCA. Customer menghubungi pihak Flip untuk mengirimkan sejumlah uang tertentu. Customer lalu mentransfer uang ke rekening BRI milik Flip. Selanjutnya Flip mengirimkan uang melalui rekening BCA milik Flip menuju rekening BCA tujuan customer. Di sini sudah paham ya, bagaimana alur kerjanya sehingga Flip tidak membebankan biaya transfer ke customer.




Cara Mendaftar Flip

Pertama download aplikasi Flip di Hp android atau bisa juga melalui website flip.id. Silakan daftar dengan memasukkan email yang aktif dan password. Setelah diproses dan mendapatkan pemberitahuan, customer harus melakukan verifikasi akun.

Cara Verifikasi Akun Flip 

Sebelum menjelaskan gimana caranya verifikasi akun. Saya mau sedikit cerita proses perkembangan verifikasi akun flip.

Dulu sekira tahun 2016 untuk melakukan verifikasi akun Flip tidak bisa setiap saat. Ada jadwal sebulan sekali di sebuah kota. Misal untuk Solo raya verifikasi akunnya di kota Solo. Itu pun hanya dibatasi dalam waktu satu jam. Kalau terlambat ya wassalam.

Nah, saya yang posisinya dari Sragen harus menyempatkan waktu ke Solo untuk verifikasi. Dibela-belain perjalanan yang memakan waktu sekitar satu jam hanya untuk verifikasi akun yang tak lebih dari lima menit, haha.

Selanjutnya tahap verifikasi mengalami perkembangan. Sudah bisa melakukan verifikasi akun di alfamart.

Saat ini tahap verifikasi semakin dipermudah. Untuk melakukan verifikasi ada dua pilihan:

1. Verifikasi online melalui aplikasi Flip atau website flip.id

2. Verifikasi lewat alfamart. Sebelumnya buka flip.id dan masuk ke akun flip. Silakan isi data diri dan domisili. Nanti pihak Flip akan menunjukkan alamat dan lokasi Google Maps Alfamart non franchise di tempat tinggalmu. Jika pakai cara ini dikenai biaya Rp 4.000,-. Jangan lupa bawa identitas diri ya.

Namun, pihak Flip menyarankan untuk verifikasi akun opsi pertama karena lebih mudah.


Bank Apa Saja yang Bekerjasama dengan Flip?

Saat ini Flip sudah bekerjasama dengan dua belas bank yakni BCA, Bank BRI, Mandiri, BNI/BNI Syariah, Mandiri Syariah, Bank Muamalat, Cimb Niaga, Cimb Niaga Syariah, BNI Syariah, Bank BTPN, BTPN Wow, Jenius. Kabar baiknya Flip akan terus menambah daftar bank yang bekerjasama dengannya seiring dengan bertambahnya permintaan customer. Bagaimana dengan bank di luar kerjasama dengan Flip? Untuk sementara ini Flip belum bisa melayani di luar ke dua belas bank tersebut. Jadi bagi yang ingin mendapat pelayanan transfer antar bank tanpa biaya sebaiknya memiliki rekening salah satu dari dua belas bank tadi.



Dua belas bank yang bekerjasama dengan Flip



Apa Fungsi Kode Unik

Di setiap transaksi nanti ada kode tambahan atau kode unik. Sebagai contoh transfer Rp 100.000 nanti ada tambahan menjadi 100.185. Kode ini gunanya mempermudah Flip melakukan verifikasi transaksi sehingga akan diproses lebih cepat. Kita ketahui yang melakukan transaksi Flip jumlahnya banyak jika tidak ada kode bisa menimbulkan kesalahan. Apalagi kalau besaran jumlah yang ditransfer sama. Jika kalian saat transfer lupa tidak mencantumkan kode, hendaknya segera menghubungi customer service. Seingat saya kalau tidak mencantumkan kode unik tidak akan diproses. Jadi nanti uangnya minta dicairkan dulu, lalu melakukan transaksi lagi.

Mungkin ada yang kecewa, kok pakai kode unik segala. Jadinya transfernya nambah dong. Santai saja, kelebihan uang kita jika sudah terakumulasi sebanyak Rp 10.000 dapat dicairkan ke rekening kita dengan menghubungi via chat bantuan. Jadi tetap aman ya, uang tidak berkurang.

Jumlah uang yang ditransfer beserta kode unik

Jam Layanan Flip

Beruntung saat ini jam layanan Flip sudah ditambah. Dulu layanan Flip cukup terbatas, hari minggu tidak dilayani. Namun, saat ini tidak perlu bingung saat hari Minggu pun bisa melakukan transaksi kirim uang. Jam layan Flip yaitu Senin-Minggu pukul 08.00-18.00 WIB. Apabila ada transaksi yang masuk di luar jam operasional maka akan diproses pada jam operasional berikutnya.


Cara Kirim Uang


1. Klik ikon “kirim uang”

2. Isi rekening yang akan kita gunakan

3. Isi nomor rekening tujuan, lalu klik cek nama. Jika sudah sesuai lanjut tahap berikutnya

4.  Isi nominal yang akan ditransfer

5. Jika sudah benar klik “ok, data sudah benar”

6. Di sini akan tampak kita berada di nomor antrian berapa. Jika ingin transfer lebih cepat dapat menggunakan layanan transfer prioritas. Tapi dikenai biaya Rp 2.500. Dengan mengklik “gunakan transfer prioritas.” Namun jika ingin gratis klik “saya ingin antri saja”

7.  Tampak dalam layar nomor ID transaksi, jumlah uang yang dikirimkan beserta kode unik. Klik “lanjut”

8.   Lalu klik “siap, saya setuju.” Pada tahap ini bukan berarti uang yang kita kirim sudah sampai ke penerima lho. Kita harus melakukan kirim uang ke rekening Flip yang tertera dalam layar. Transfer ini bisa dilakukan melalui ATM, i-banking, sms-banking atau m-banking. Jangan lupa jumlah uang ditransfer berserta kode uniknya ya. Jika tidak, transaksi kita bakal tidak diproses

9. Apabila sudah mentransfer jangan lupa bukti transfernya difoto atau screenshoot. Lalu klik “saya sudah transfer” dengan mengunggah bukti transfer tersebut

10. Saatnya kita menunggu pemberitahuan dari Flip. Biasanya maksimal satu jam uang sudah sampai ke tujuan penerima. Pemberitahuan ini bisa dikirim lewat email, dapat pula kita mengecek ke status pengiriman uang di aplikasi Flip.




Proses Pelayanan Kirim Uang

Proses pelayanan Flip menggunakan sistem antrian. Walaupun online kita juga harus mengantri. Umumnya proses transaksi membutuhkan waktu 20 menit. Selama saya menggunakan Flip proses kirim uang hingga sampe ke rekening tujuan, paling lama sekitar satu jam. Terkecuali sedang ada gangguan pada sistem bank.  



Flip Dapat Untung Dari Mana?

Mungkin ada sebagian yang bertanya-tanya, termasuk saya Flip dapat untung dari mana? Yang mana ada orang baik yang mau membantu masalah transfer uang, sementara tidak mendapatkan keuntungan. Saya pikir mereka dibiayai sponsor. Tersebab penasaran, coba saya tanyakan lewat chating customer service Flip. Ternyata Flip memiliki layanan transfer prioritas, Flip + dan Big Flip for business yang dikenakan biaya transfer setiap transaksinya. Selain itu juga memiliki usaha jual pulsa dan paket data. Jadi mereka dapat keuntungan dari sini.

Keuntungan Menggunakan Layanan Flip

Dari penjelasan di atas sudah jelas ya bahwa menggunakan layanan Flip sangat menguntungkan. Kita dapat transfer beda bank tanpa dikenai biaya sedikit pun. Lumayan bisa berhemat Rp 6500. Jika transaksinya berulang kali sudah berapa rupiah kita menghemat uang. Apalagi nih buat emak-emak, uang yang harusnya buat biaya transfer antar bank bisa buat nambah belanjaan. Tunggu apalagi, yuk segera daftar ke Flip.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Testimoni Praktik JSR

Semenjak mengenal JSR yang digagas oleh Dokter Zaidul Akbar melalui media online. Saya mulai mempraktikkan ilmu tersebut. Semoga dalam mempraktikkan ilmu ini bukan karena “latah” sekadar ikut-ikutan karena ngetrend tapi memang memberikan dampak positif. Harapannya tetap istiqomah di jalan JSR. Praktik JSR Apa saja yang saya lakukan dalam praktik JSR? 1.    Ubah pola makan Pagi dan malam tidak makan nasi putih. Hanya makan buah dan sayur. Kalau misalkan lapar dan lemas, saya makan ubi jalar rebus. Pengganti karbohidrat yang lebih kaya serat dibandingkan nasi putih. Dari segi harga juga murah. Satu kilogram ubi jalar madu dihargai Rp 5000,-. Kalau bukan ubi madu satu kilogramnya hanya Rp 3.000,- cukup untuk dua hari. Untuk siang hari baru makan berat. Saya memang masih konsumsi nasi putih tapi hanya siang hari saja. Tapi diusahakan nasinya sedikit saja, tetap banyak sayurnya. 2. Bikin infused water Dalam sehari saya satu kali bikin infused water. Bu

Sarapan ala JSR

Semenjak mempraktekkan menu sarapan ala JSR, saya mulai membiasakan diri makan buah sayur pada pagi dan malam hari. Hanya siang hari saja makan nasi. Masih belum bisa meninggalkan nasi putih sih. Namanya berproses ya perlahan-lahan. Usahakan dalam sehari porsi buah dan sayur lebih banyak ketimbang nasinya. Ketika saya mempolakan demikian keluhan sembelit pelan-pelan berkurang. Kita ketahui harga buah dan sayur lebih mahal ketimbang beli gorengan atau makanan tak menyehatkan lainnya. Saya mulai siasati bagaimana agar tetap bisa makan buah tapi harganya murah. Kalau sarapan semangka, melon, nanas harus membeli utuh. Sementara jika sudah dibuka tidak bisa bertahan lama atau cepat basi. Setelah dipikir-pikir muncullah ide membeli pisang. Kalau beli satu lirang saja bisa bertahan beberapa hari karena setiap satu buah ada kulitnya sehingga bisa tahan tidak mudah basi. Beruntung saya menemukan pisang emas satu keranjang isi dua lirang hanya dihargai Rp 12000,- . Kalau pisang

Minuman ala JSR

Sudah sekitar enam bulan saya mempraktikkan resep JSR ala dokter Zaidul Akbar. Sebenarnya sudah sejak bulan puasa, hanya saja saat itu belum bisa mempraktikkan dengan serius ada banyak godaan. Salah satunya menu buka puasa di mushola yang belum sesuai resep JSR. Warga kami membiasakan berbuka puasa bersama di mushola, bukan perkara dapat makannya tapi rasa kebersamaan itu yang bikin nikmat dan hangat sesama jemaah. Mungkin ada bertanya apa itu JSR? JSR adalah Jurus Sehat Rasulullah. Pola hidup sehat seperti yang dituntunkan Rasulullah. Intinya kita mempolakan hidup sehat yang tujuannya agar semakin khusyuk beribadah dan dekat kepada Allah. Jadi JSR ini bukan untuk  lifestyle atau gaya-gayaan. Jika sudah menerapkan hidup sehat tapi ibadahnya tidak meningkat maka menurut dokter Zaidul itu percuma saja.  Infused water rimpang-rimpangan Mengetahui resep ini bermula sharing ilmu dari dokter Zaidul Akbar yang bersliweran di media sosial. Awalnya saya tidak ngeh