Langsung ke konten utama

Sarapan ala JSR



Semenjak mempraktekkan menu sarapan ala JSR, saya mulai membiasakan diri makan buah sayur pada pagi dan malam hari. Hanya siang hari saja makan nasi. Masih belum bisa meninggalkan nasi putih sih. Namanya berproses ya perlahan-lahan. Usahakan dalam sehari porsi buah dan sayur lebih banyak ketimbang nasinya. Ketika saya mempolakan demikian keluhan sembelit pelan-pelan berkurang.

Kita ketahui harga buah dan sayur lebih mahal ketimbang beli gorengan atau makanan tak menyehatkan lainnya. Saya mulai siasati bagaimana agar tetap bisa makan buah tapi harganya murah. Kalau sarapan semangka, melon, nanas harus membeli utuh. Sementara jika sudah dibuka tidak bisa bertahan lama atau cepat basi. Setelah dipikir-pikir muncullah ide membeli pisang. Kalau beli satu lirang saja bisa bertahan beberapa hari karena setiap satu buah ada kulitnya sehingga bisa tahan tidak mudah basi.





Beruntung saya menemukan pisang emas satu keranjang isi dua lirang hanya dihargai Rp 12000,- . Kalau pisangnya sudah banyak yang matang, tiga lirang malah dihargai Rp 10.000,- . Cukup murah bukan? Satu keranjang bisa cukup untuk tiga hari. Dengan begitu saya sudah dapat menghemat uang. Kalau bosan pisang terus, bisa ditambahkan pepaya. Begitu juga dengan pepaya 1 biji yang beratnya 1,5 kilo harganya 10.500 bisa untuk tiga hari. Terkadang juga dapat pepaya california murah dari teman yang ambil dari petani langsung sekilo dihargai Rp 5000,-.

Selain sarapan buah saya juga konsumsi kurma. Memang sih kadang masih agak lapar tapi niatkan demi kesehatan. Seperti pesan dokter Zaidul Akbar, kondisi lapar itu baik untuk kesehatan justru disitulah sel-sel kanker sedang dihancurkan. Kalau masih kurang, saya kadang makan gudangan. Intinya sayur yang hijau-hijau yang proses masaknya direbus atau kukus.





Memang dalam mempraktekkan ilmu JSR ini saya belum seratus persen meninggalkan gorengan, nasi dan minyak kelapa sawit. Baru sekadar mengurangi. Tapi setidaknya sudah bersyukur akan perubahan kebiasaan tersebut.

Saya mulai tidak tertarik melihat makanan penthol, cilok, bakso bakar dan lain sebagainya. Padahal dulu begitu suka makanan ini. Sekarang lebih tertarik jika melihat buah-buahan. Kalau terpaksa jajan lebih memilih lotek, pecel, gado-gado, siomay dan lain-lain.




Walau makanan ini belum sepenuhnya sehat. Hanya saja ketika jajan, saya akan memilih makanan yang direbus dan bahannya berasal dari produk ciptaan Allah seperti sayur hijau. Sebab, jika bepergian tak selalu kita bawa makanan sendiri, sementara perut lapar maka sebagai gantinya cari makanan yang banyak sayur dan proses pemasakannya direbus atau kukus.




Sarapan ala JSR ini sudah tidak lagi makan nasi, bubur ayam dan lain sebagainya pada pagi hari seperti yang disampaikan dokter Zaidul Akbar. Tersebab pada pagi hari perut kita itu sedang proses pengeluaran atau pembuangan. Jangan tambahi dengan makanan berat. Betul juga sih, bukankah saat pagi hari kita sering BAK dan BAB. 


Waktu yang tepat saat sarapan yakni pukul 09.00 pagi. Tak lupa biasakan bangun dari tidur segera minum air putih dua gelas. Jangan buru-buru sikatan karena mulut orang bangun tidur itu memiliki kandungan anti oksidan sehingga bagus untuk kesehatan.

Efek dari mempraktekkan sarapan ala JSR badan saya terasa ringan. Biasanya perut terasa berat. Apalagi dulu jika habis makan pagi berupa nasi terus mengantuk. Padahal mulai jam 09.00 adalah saatnya untuk bekerja. Benar-benar tidak efektif. Namun ketika membiasakan diri sarapan buah, tidak gampang mengantuk. Memulai aktivitas dengan fresh.


Buah yang sudah diberi perasan jeruk nipis dan madu



Menu Sarapan ala JSR

Bahan: pisang, pepaya, jeruk nipis dan madu
Caranya:
1.   Pisang dan pepaya dipotong-potong
2.  Kasih perasan keruk nipis
3. Beri madu secukupnya
4. Kalau ada garam himalaya lebih bagus dikasih haram sedikit.
Masya Allah rasanya sangat enak. Kalau hanya pakai madu saja tanpa jeruk nipis, terasa “eneg.” Sebaiknya pakai jeruk nipis biar tambah enak. Itu tadi menu sarapan ala JSR. Semoga bermanfaat.



Komentar

  1. Semoga istiqomah. Buah paling murah memang pisang dan pepaya dibanding buah lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aamiin semoga bisa istiqomah. Iya pisang dan pepaya termasuk buah yang ramah di kantong, hehe

      Hapus
  2. Hahaha, ya Allah aku merasa sebagai penduduk Indonesia bagian timbangan nganan tertampol postingan ini. Ha, aku mesti merass kurang jika nasinya ketinggalan. Yuuh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu juga gitu, kalau ga makan nasi namanya ga makan berat. Tapi lama-lama bisa karena terbiasa.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Testimoni Praktik JSR

Semenjak mengenal JSR yang digagas oleh Dokter Zaidul Akbar melalui media online. Saya mulai mempraktikkan ilmu tersebut. Semoga dalam mempraktikkan ilmu ini bukan karena “latah” sekadar ikut-ikutan karena ngetrend tapi memang memberikan dampak positif. Harapannya tetap istiqomah di jalan JSR. Praktik JSR Apa saja yang saya lakukan dalam praktik JSR? 1.    Ubah pola makan Pagi dan malam tidak makan nasi putih. Hanya makan buah dan sayur. Kalau misalkan lapar dan lemas, saya makan ubi jalar rebus. Pengganti karbohidrat yang lebih kaya serat dibandingkan nasi putih. Dari segi harga juga murah. Satu kilogram ubi jalar madu dihargai Rp 5000,-. Kalau bukan ubi madu satu kilogramnya hanya Rp 3.000,- cukup untuk dua hari. Untuk siang hari baru makan berat. Saya memang masih konsumsi nasi putih tapi hanya siang hari saja. Tapi diusahakan nasinya sedikit saja, tetap banyak sayurnya. 2. Bikin infused water Dalam sehari saya satu kali bikin infused water. Bu

Minuman ala JSR

Sudah sekitar enam bulan saya mempraktikkan resep JSR ala dokter Zaidul Akbar. Sebenarnya sudah sejak bulan puasa, hanya saja saat itu belum bisa mempraktikkan dengan serius ada banyak godaan. Salah satunya menu buka puasa di mushola yang belum sesuai resep JSR. Warga kami membiasakan berbuka puasa bersama di mushola, bukan perkara dapat makannya tapi rasa kebersamaan itu yang bikin nikmat dan hangat sesama jemaah. Mungkin ada bertanya apa itu JSR? JSR adalah Jurus Sehat Rasulullah. Pola hidup sehat seperti yang dituntunkan Rasulullah. Intinya kita mempolakan hidup sehat yang tujuannya agar semakin khusyuk beribadah dan dekat kepada Allah. Jadi JSR ini bukan untuk  lifestyle atau gaya-gayaan. Jika sudah menerapkan hidup sehat tapi ibadahnya tidak meningkat maka menurut dokter Zaidul itu percuma saja.  Infused water rimpang-rimpangan Mengetahui resep ini bermula sharing ilmu dari dokter Zaidul Akbar yang bersliweran di media sosial. Awalnya saya tidak ngeh